IPA Attended the Kompasiana Nangkring with SKK Migas

8-30-2016_7-28-04_am

[JAKARTA] Puluhan blogger yang tergabung dalam Kompasiana menghadiri acara Nangkring bertajuk “Ada Apa dengan Investasi Hulu Migas?”, bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), di Jakarta, Jumat 26 Agustus 2016. Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut di antaranya Kepala Bagian Hubungan Masyarakat SKK Migas, Taslim Z. Yunus, dan Executive Director Indonesian Petroleum Association (IPA), Marjolijn Wajong.

SKK Migas memaparkan aktivitas eksplorasi dan eksploitasi yang ada di Indonesia. Dijelaskan Taslim, saat ini ada sekitar 67 wilayah kerja eksploitasi dari 289 wilayah kerja baik keseluruhan baik eksplorasi maupun eksploitasi di Indonesia. Dalam hal perijinan terhadap kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), ditambahkan dia, Pemerintah saat ini sedang melakukan identifikasi ulang terkait perijinan yang perlu dilakukan oleh KKKS. “Dari 341 ijin yang perlu diurus oleh KKKS, Pemerintah berencana menyusutkan hingga menjadi hanya 3 kelompok izin saja,” pungkasnya.

Sementara dari IPA, Wajong menjelaskan bahwa IPA merupakan sebuah asosiasi yang terdiri dari seluruh perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di Indonesia. Dari sisi investor, paparnya, potensi migas di Indonesia masih sangat menarik meski saat ini laju kegiatan eksplorasi diakui sedang menurun. “Selain karena harga minyak dunia yang anjlok, investor juga membutuhkan sejumlah insentif dari Pemerintah agar kegiatan eksplorasi dapat kembali meningkat,” ujarnya. (PS)

Previous PostKonvensi & Pameran IPA ke 40 Tahun 2016 - Pidato Penutupan
Next PostCare Program