Gas Alam

Berkat investasi dan eksplorasi selama 30 tahun, Indonesia dapat menikmati cadangan gas alam yang belum dimanfaatkan dalam jumlah sangat besar.

 

Kedua cadangan gas alam terbesar terletak di Arun, Sumatera Utara, dan Badak di Kalimantan Timur. Gas yang dihasilkan oleh kedua wilayah produksi itu digunakan mendukung produksi LNG untuk diekspor ke pusat-pusat industri di Asia Timur.

 

54% gas alam yang diproduksi di Indonesia diekspor dalam bentuk LNG dan LPG selain untuk memenuhi target konsumsi dalam negeri.

 

Jumlah produksi tahunan pada tahun 2008 adalah 8,3 milyar kaki kubik per hari (1,4 MBOEPD) yang akan terus dikembangkan sebagai suatu proyek sebagaimana di Sumatera Selatan dan LNG Tangguh di Papua Barat hingga mencapai tingkat produksi penuh.

 

Di dalam negeri, gas alam yang dikonversi menjadi LPG sangat potensial membantu negara mengurangi konsumsi bahan bakar cair.

 

Cadangan gas Indonesia yang berlimpah yakni sebanyak 164,9 TCF memperlihatkan tersedianya kesempatan luas bagi pertumbuhan masa depan bangsa Indonesia.

Previous PostMinyak Bumi
Next PostCBM