Industri Minta Pemerintah Dukung Kesiapan Infrastruktur Gas

JAKARTA--MICOM: Indonesian Petroleum Association (IPA) menyatakan gas merupakan fokus energi masa depan di Indonesia. Karena itu, pemerintah diminta untuk mendukung kesiapan infrastruktur domestik, seperti pipa transmisi, terminal LNG, dan receiving terminal.
Demikian yang disampaikan President IPA Ron Aston dalam pembukaan 35th Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition 2011 di Jakarta, Rabu (18/5).
"Gas akan menjadi fokus masa depan di Indonesia tetapi dengan kompleksitas dan kebutuhan pembiayaan karena gas ditemukan di daerah yang lebih terpencil dan menantang," katanya.
Ron melihat gas dapat lebih berguna jika infrastrukur di dalam negeri tersedia.
Selain itu, ia meminta harga gas dibiarkan terbentuk melalui mekanisme pasar dan tidak dibatasi oleh subsidi kepada konsumennya.
Untuk itu, industri harus terus didorong untuk terus melakukan eksplorasi gas. "Industri harus didorong untuk mengeksplorasi dan mengembangkan sumber gas yang non konvensional yang dimiliki Indonesia, seperti CBM (coal bed methane) dan shale gas," ucap Ron.
Di sisi lain pemerintah harus mendukung dengan peraturan yang sesuai dan insentif untuk memastikan investasi sektor gas berjalan dengan lancar. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pihaknya mendukung eksplorasi gas terutama di Indonesia timur

Previous PostRI Tawarkan 20 Blok Migas Baru ke Investor
Next PostWapres Tegur Menteri ESDM dan Kepala BP Migas