Peta Cekungan

Indonesia terletak pada titik pertemuan antara benua Australia, Samudera Pasifik dan lempeng tektonis Asia Tenggara. Hampir seluruh penemuan minyak bumi di Indonesia terjadi berkat endapan tersier (lapisan ketiga) atau pada dasar satuan batuan maupun lahar gunung berapi tersier.

 

Indonesia mempunyai sekitar 60 cekungan endapan dimana ke-36 cekungan di wilayah bagian barat, 14 diantaranya penghasil minyak bumi sekaligus gas alam, telah dikuras secara optimal sehingga ladang-ladang minyak di wilayah ini telah "tua renta" (mature field). Sebaliknya di wilayah timur, terdapat 39 cekungan kaya hidrokarbon yang potensial untuk dieksplorasi melalui produksi tahap kedua (pre-tertiary) dan tahap lanjut (tertiary).

 

Sekitar 75 persen dari eksplorasi dan produksi migas dilakukan di bagian barat wilayah Indonesia. Keempat wilayah penghasil minyak bumi itu adalah Sumatera, Laut Jawa, Kalimantan Timur dan Kepulauan Natuna. Sementara keempat wilayah utama penghasil gas alam terdiri dari Kalimantan Timur, Arun di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Natuna.

 

basinmap_thumb 

Indonesia BASIN MAP 

Previous PostLaporan Tahunan
Next PostMinyak Bumi