Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-66

Pada hari Rabu, 28 September 2011 Kementerian ESDM menyelenggarakan Peringatan Hari jadi Pertambangan dan Energi ke-66 di Museum Gawitra Migas dan Museum Listrik Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum Gawitra Migas ini merupakan kontribusi dari anggota-anggota IPA yang dibangun pada tahun 1987 sebagai perwujudan suatu kesepakatan yang dicapai pada Konvensi Tahunan "Indonesian Petroleum Association" (IPA) ke 14, pada tanggal 14 Oktober 1985. Pada Konvensi IPA tahunan yang ke 35 pada bulan Mei 2011 yang baru lalu, IPA juga menyumbangkan film “Energy Edutainment” kepada Museum Gawitra Migas untuk menambah koleksi film pendidkan tentang asal-usul dan pemanfaatan energi yang ditayangkan di Museum.  

 

Dengan mengangkat tema “Kita Tingkatkan Peran Sektor ESDM Guna Terwujudnya Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Energi Yang Berkeadilan, Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-66 ini diawali dengan Upacara yang dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Saleh yang bertindak sebagai inspektur upacara. Kemudian dilakukan pemberian Penghargaan berupa : Energy Award, Dharma Karya Esdm, Penghargaan K3 dan Lingkungan serta penanaman pohon oleh Menteri ESDM, Menteri Kehutanan, Anggota DPR, serta Presiden IPA, Jim Taylor yang menanam pohon kemiri, tumbuhan yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah.

Setelah mengunjungi pameran dan meninjau Museum Gawitra Migas dan Museum Listrik, Menteri ESDM Darwin Saleh melakukan pemotongan tumpeng dan memberikan potongan pertama kepada IPA Presiden, Jim Taylor yang disambut dengan janji komitmen IPA untuk terus bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun industri migas bagi keuntungan semua pemangku kepentingan terutama rakyat Indonesia.

Previous PostEITI Indonesia Quarterly Progress Report
Next PostPetroleum Fund Dinilai Berpotensi Tingkatkan Risiko Keuangan Negara