Komite Ethics and Compliance IPA Adakan Kuliah Umum di Universitas Pertamina

Pada 14 Maret 2023, Komite Ethics and Compliance IPA berkolaborasi dengan Universitas Pertamina mengadakan Kuliah Umum dengan tema Achieving Business Sustainability: The Importance Role of Personal Integrity. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang kepemimpinan dan untuk menumbuhkan personal integrity di kalangan mahasiswa. Hadir sebagai pemateri, Raditya Patriaji (BP), Ronny Siahaan (MedcoEnergi), dan Chandra Triayu (Repsol). Kuliah umum ini diikuti para mahasiswa Universitas Pertamina dari berbagai jurusan.

Kuliah Umum dibuka oleh Bapak Dr. Rinto Pudyantoro selaku dosen Universitas Pertamina. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi terkait dunia kerja, khususnya di sektor hulu migas. Diharapkan, hal-hal yang disampaikan para pemateri dapat diterapkan dengan baik oleh para mahasiswa untuk menjadi manusia yang lebih baik ke depannya.

Dalam materinya yang berjudul “Integrity for Sustainability”, Ronny Siahaan membawakan menekankan perlunya seorang individu yang berintegritas untuk menjadikan suatu usaha atau bisnis dapat berjalan secara berkelanjutan. Para mahasiswa diberikan contoh beberapa kasus kecurangan dalam bisnis yang pernah terjadi. Mereka juga diajak berdiskusi tentang tindakan-tindakan perusahaan dalam menerapkan integritas pada masa pandemi Covid-19.

Sementara pemateri berikutnya, Chandra Triayu, menjelaskan pentingnya individu memahami etika dan kejujuran terutama sejak usia muda. Dia membagikan pengalamannya dalam mengatasi dilema integritas dan etika. Menurutnya, ada satu aspek yang sangat penting dalam menerapkan kepatuhan di tempat kerja yaitu Tone from  the Top Management..

Sedangkan Raditya Patriaji menyampaikan beragam bentuk tindakan yang berbenturan dengan etika dan kepatuhan yang dapat ditemui di dunia kerja, seperti tindakan suap, korupsi, benturan kepentingan, keamanan siber, pelecehan di tempat kerja, dan sebagainya. Dengan memahami hal-hal di atas, perusahaan seyogyanya dapat melakukan upaya pencegahan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti membuat komitmen harassment free workplace.

Diharapkan, dengan mengetahui informasi lebih banyak tentang personal integrity dan hubungannya dengan bisnis yang berkelanjutan, para mahasiswa akan siap memasuki dunia kerja sebagai individu yang berintegritas guna mendukung pembangunan Indonesia yang lebih baik. (comm)

Previous PostIPA Berpartisipasi pada National Integrity Expo 2022
Next PostIPA Convex 2023 is rescheduled on 25-27 July 2023 at Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD